Skip to main content

Blend S Review - Cafe 5 karakter | Anime Review

  Ini dia anime dengan opening paling viral di tahun 2017. Bukan hanya opening saja yang menarik sih, tapi masih ada yang lain. Langsung saja kita bahas di review kali ini.

Seputar Blend S

1. Genre
    Slice of life, Comedy
2. Season
    Fall 2017
3. Episode
    12 Episode
4. Studio
    A-1 Pictures
5. Adaptasi
    Manga
6. Music
    Opening : Bon Appetit S by Blend A
    Ending : Detarame na Minus to Plus ni Okeru Blend Ko by Blend A
7. Judul Alternatif
    English : Blend S
    Japanese : ブレンド・S

Apa yang diceritakan dalam Blend S?

Member Cafe Stile.

    Seorang pelajar smp bernama Sakuranomiya Maika sedang mencari pekerjaan sampingan(part time), tapi tak kunjung diterima karena karakter yang dimilikinya. Akan tetapi, manager Cafe Stile, Dino, memiliki ketertarikan dengan karakternya dan meminta dia untuk bergabung dengan cafenya. Alhasil, Maika diberi peran sadistic. Begitu juga dengan member lain yang nantinya akan bergabung, masing-masing diberi peran yang khusus.

Hal yang menarik dari Blend S

1. Karakter Moe dan Trap
Moe gak tuh?
     Jika kalian mencari anime dengan main heroine yang moe/kawaii, maka kalian tidak salah untuk menonton anime ini. Tak cuman main heroinenya saja yang moe dalam anime ini, pelayan-pelayan di cafe stile juga terkesean moe. Meman bagi sebagian orang tak mementingkan kemoean karakter di dalam suatu anime, tetapi ini cukup menjadi alasan bagi kalian untuk menonton anime ini dan menambah mood kalian. Selain karakter moe, di dalam anime ini terdapat karakter trap. Tapi sedikit saja saya sampaikan, karakter trap di sini hanya sebagai pemanis (trap kok pemanis?). Pemanis maksud saya di sini untuk menambah kesan kekinian pada anime ini. Seperti yang kita tahu, karakter trap pada akhir-akhir ini sedang naik daun, meskipun penggunaannya sudah sejak lama.
Coba tebak, yang mana karakter trap nya?
2. Fresh Comedy
   
Potongan scene episode 1.
   
Bakalan terasa aneh bila anime dengan tag komedi tidak memiliki komedi yang bagus dan menghibur. Mengingat anime ini memiliki tag komedi, maka hal tersebut juga berlaku. Tapi tak usah ragu untuk menonton anime ini, komedi dalam anime ini sangat fresh dan menghibur, cocok untuk menambah mood penontonnya. Sama seperti Net-juu no Susume, anime ini tidak menampilkan kekonyolan untuk menumbuhkan humor, bermodalkan sifat masing-masing karakter dan situasi yang mendukung, cukup membuat perut penontonnya tertawa.
Lah, dipanggil setan.
   Komedi di anime ini mirip dengan Bokura wa Minna Kawaisou, atau mungkin working. Sitcom, jokes, ataupun plesetan kata, ya begitu lah kira-kira gambaran dari komedi anime ini. Intinya, komedi anime ini sangat menghibur jadi silahkan ditonton.

3. Shipping everywhere

Coupleable, mungkin(?)
   Meski tidak ada tag romance di dalam anime ini, tapi anime ini kerap memunculkan adegan-adegan yang terbilang cukup romantis. Tak heran jika banyak penonton memiliki couple favorit dalam anime ini, mulai dari couple normal, sampai tak normal. Walaupun hanya ada 7 member (Anjingnya dihitung ke dalam member) dalam kafe nya ditambah pemeran tambahan lainnya, tapi tidak menghambat shipping pada acara ini.
Yuri kah?
      Peringatan! Jangan berharap shipping/couple favorit kalian dapat terwujud sekalipun kalian men-ship Maika x Manager. Karena ingat anime ini lebih menekankan kepada unsur slice of life, jadi shipping atau couple hanya sebagai gambaran bahwa dalam kehidupan sehari-hari hal itu sering terjadi. Tak ada genre romance, jadi tak ada alasan bagi penulis/pengarang untuk merealisasikan shipping tersebut.

Hal yang kurang menarik dari Blend S

1. Tidak ada konflik yang serius

Maika strikes again.
     Mungkin karena unsur slice of life atau komedinya, anime ini tidak memiliki konflik yang serius. Tiap-tiap episode menampilkan hal baru yang tidak berhubungan, kecuali pengenalan karakter baru. Berbeda dengan slice of life lain yang biasa writer tonton seperti Natsume Yuujinchou ataupun Sangatsu no Lion, kedua anime itu memunculkan konflik yang baru setiap episode ataupun konflik yang berkelanjutan, sedangkan anime ini hanya berisi keseharian member cafe stile saja. Meskipun satu dua episode membahas suatu permasalahan, biasanya permasalahan itu hanya permasalahan biasa, seperti perekrutan anggota baru, yang menurut writer tidak terlalu menarik perhatian karena memang sudah wajib dilakukan untuk memperkenalkan semua member.
Serius banget tampangnya.
    Faktor ini bisa saja membuat kalian berpikir dua kali, karena mungkin sebagian dari kalian akan merasa bosan karena tidak ada konflik serius yang dibicarakan. Tapi tetap ingat bahwa anime ini didukung komedi yang kuat, sehingga faktor ini bisa jadi tertutupi.

2. Cafe 5 karakter hanya sebuah latar

Terciduk nguping.
    Memang pelayan pada anime ini dituntut memerankan karakter-karakter khusus yang berbeda satu sama lainnya, namun hal itu bukan menjadi sorotan utama pada anime ini. Karakter-karakter atau kepribadian-kepribadian itu hanya dimunculkan beberapa kali saja dalam setiap episode, atau pada saat episode tersebut menyangkut dengan pelanggan cafe secara langsung. Anime ini lebih fokus kepada kegiatan sehari-hari member cafe stile baik di dalam cafe maupun di luar cafe, jadi kepribadian khusus tersebut hanya sebagai pelengkap atau latar saja.

Final Thought

    Blend S memang tidak membahas atau memiliki konflik yang serius, namun cocok untuk dijadikan moodbooster kalian jika kalian membutuhkan hiburan pelepas stress dan beban. Komedi di dalam anime ini cukup menjadi alasan utama untuk menonton anime ini. Di samping menghibur karena komedinya, anime ini memberikan bumbu-bumbu romance, meskipun tidak dikembangkan lebih lanjut. Slice of life dalam anime ini juga diatur dan diceritakan dengan baik sehingga kalian bisa saja merasakan atau melihat kejadian yang seperti di dalam anime ini di kehidupan sehari-hari. Semua tag dan genre dalam anime ini dikemas dengan rapi. Meskipun memiliki beberapa kekurangan tadinya, tetapi anime ini tetap worth to watch. 7.8/10 untuk anime ini.

Rekomendasi anime seperti Blend S:

Working, Bokura wa Minna Kawaisou, Gochuumon wa Usagi desu ka?, New Game!






Comments

Popular Posts

5 Anime yang Mirip dengan Full Metal Alchemist Brotherhood | Reccomendation

   Ada yang belum kenal dengan Full Metal Alchemist Brotherhood, A.K.A FMAB? Ya kali gak kenal dengan anime yang terbilang sangat hype hingga saat ini. Ternyata FMAB memiliki kesamaan dengan anime lain, mulai dari pribadi karaker utamanya, konfliknya, sampai pemeran pembantunya. Penasaran? Langsung kita masuk ke pembahasan. 1) Hunter x Hunter    Yang pertama, Hunter x Hunter. Dari segi genre, tentunya Hunter x Hunter tidak berbeda jauh dari FMAB. Hunter x Hunter merupakan salah satu anime shounen paling terkenal setelah One Piece dan Naruto. Tak berbeda dengan FMAB yang merupakan anime shounen yang populer di kalangan otaku tetapi tidak sepopuler One Piece dan Naruto di kalangan awam. Terlepas dari genre shounen, FMAB dan Hunter x Hunter sama sama menceritakan petualangan sang MC dan teman-temannya. Hunter x Hunter dengan Gon dkk yang berpetualang demi menjadi Hunter, dan FMAB dengan Edward dkk yang berpetualang untuk mencari kebenaran batu bertuah.    Terlepas dari a

Top 10 Loveable Female Characters (Waifu)

Anime memang identik dengan kata waifu apalagi di kalangan anime otaku. Bahkan ada sebagaian otaku yang mengaku tidak perlu menjalin hubungan real life karena terobsesi dengan waifunya tersebut, atau biasa disebut Nijikon. Nah, kali ini writer akan me-list beberapa karakter wanita papan atas atau waifu yang menurut writer layak menyandang status waifu. Check this out. 10) Nako Oshimizu ( Hanasaku Iroha )    Di urutan ke-10 ada Nako Oshimizu dari Hanasaku Iroha. Kaget dia masuk ke top 10 kali ini? Atau pada gak kenal siapa dia? Wajar, karena anime ini tidak terlalu dikenal oleh banyak orang, namun bukan berarti buruk dan membosankan, justru sangat-sangat recommended untuk ditonton oleh kalian yang belum pernah menontonnya.    Balik ke topik. Nako Oshimizu termasuk karakter yang waifu-able menurut writer, kenapa? Sedikit saya jelaskan karakteristik Nako Oshimizu. Nako Oshimizu merupakan pelajar SMA yang bekerja di penginapan yang sama dengan Matsumae Ohana. Dia bekerja seba