Skip to main content

5 Anime yang Mirip dengan Full Metal Alchemist Brotherhood | Reccomendation


   Ada yang belum kenal dengan Full Metal Alchemist Brotherhood, A.K.A FMAB? Ya kali gak kenal dengan anime yang terbilang sangat hype hingga saat ini. Ternyata FMAB memiliki kesamaan dengan anime lain, mulai dari pribadi karaker utamanya, konfliknya, sampai pemeran pembantunya. Penasaran? Langsung kita masuk ke pembahasan.

1) Hunter x Hunter


   Yang pertama, Hunter x Hunter. Dari segi genre, tentunya Hunter x Hunter tidak berbeda jauh dari FMAB. Hunter x Hunter merupakan salah satu anime shounen paling terkenal setelah One Piece dan Naruto. Tak berbeda dengan FMAB yang merupakan anime shounen yang populer di kalangan otaku tetapi tidak sepopuler One Piece dan Naruto di kalangan awam. Terlepas dari genre shounen, FMAB dan Hunter x Hunter sama sama menceritakan petualangan sang MC dan teman-temannya. Hunter x Hunter dengan Gon dkk yang berpetualang demi menjadi Hunter, dan FMAB dengan Edward dkk yang berpetualang untuk mencari kebenaran batu bertuah.
   Terlepas dari adventure-nya yang tidak membosankan, kedua anime ini sama-sama memberi kesan dark yang memang tidak terlihat di awal cerita, tetapi terlihat di pertengahan cerita maupun di sepenjang petualangan mereka. Jadi jika teman kalian berpendapat bahwa anime shounen hanya untuk anak-anak, mereka perlu berpikir lagi.
   Tambahan, Hunter x Hunter dan FMAB sama sama memiliki versi original dan versi remake. Hunter x Hunter (2011) merupakan versi remake dari Hunter x Hunter (1999) dan FMAB merupakan versi remake dari FMA.

2) Code Geass


   Selanjutnya ada Code Geass. Kalian suka anime tetapi tidak pernah mendengar atau menonton Code Geass? berarti kalian perlu menonton anime lawas lagi. Code Geass merupakan memiliki rating yang sangat tinggi di berbagai situs ranking anime termasuk MAL, baik season 1 maupun season 2 nya. Sama sama populer di kalangan anime otaku merupakan salah satu kesamaan yang dimiliki Code Geass dengan FMAB.
   Terlepas dari segi kepopuleran, keduanya memiliki plot yang sama. Code Geass bertemakan pemberontakan yang dipimpin oleh Lelouch sendiri, sama seperti FMAB yang bertemakan pemberontakan tetapi tidak dipimpin oleh MC nya Edward, melainkan dipimpin oleh karakter lain. Selain itu, Lelouch memberontak karena ketidaksukaan dia terhadap sikap ayahnya yang merupakan pemimpin Britania, sedikit berbeda dengan Edward, Edward juga membenci ayahnya yang meninggalkan mereka sejak kecil, namun pada akhirnya itu semua sebatas rasa kesal.
   Apa kalian menyadari bahwa sosok ayah di kedua anime memegang peran penting di masing-masing cerita? Ya, memang benar. Ayah Lelouch memegan peran penting di dalam cerita dan konflik Britania, dan Ayah Edward juga memegang peran penting di dalam cerita FMAB, bahkan bisa dibilang sebagai penyelamat, berbeda dengan Ayah Lelouch yang terkesan sebagai villain.
   Nah, di samping plotnya yang mirip sangat, ternyata faktor "Friends of Foe" dan "Don't judge a book by its cover" ternyata dimiliki kedua anime ini. Di dalam Code Geass bisa kita lihat beberapa karakter yang merupakan bagian dari satu kubu ternyata berpindah haluan ke kubu lain, bahkan hal itu bisa kita lihat di episode terakhirnya. Begitu juga FMAB, orang yang merupakan buronan Edward ternyata bergabung dengan mereka, sulit untuk menebak yang mana beneran villain dan hero di kedua anime ini karena masing-masing bisa berubah haluan.

3) Akame ga Kill

   Masih sama dengan Code Geass, Akame ga Kill bertemakan pemberontakan yang dikomploti Night Raid, sama seperti FMAB yang dikomploti oleh Edward dkk. Tapi, Akame ga Kill lebih identik dengan FMAB, kenapa? Tidak seperti Code Geass, Akame ga Kill bertarung menggunakan kekuatan super bukan mecha, layaknya FMAB yang bertarung menggunakan kekuatan Alchemist mereka. Selain itu, di dalam Akame ga Kill, Night Raid harus menghadapi beberapa lawan terlebih dahulu sebelum menjatuhkan pemerintahan mereka, sama seperti FMAB dimana Edward dkk harus menghadapi beberapa lawan terlebih dahulu(baca: Homunculus) sebelum menjatuhkan pemerintahan, tidak seperti Code Geass yang langsung bermusuhan dengan pemerintahan itu sendiri.
   Selain bertemakan yang sama, Akame ga Kill juga memiliki beberapa karakter yang akhirnya membelot ke arah yang lain, sama seperti FMAB. Ingin writer sebut nama karakternya, tapi akhirnya menjadi spoiler, mendingan tidak usah.
   Yang terakhir yang membuat mereka mirip iyalah kondisi karakter utamanya. Di Akame ga Kill, pasti kalian pernah berpikir bahwa Tatsumi kan? LOL, writer juga karena Tatsumi dapat lebih banyak screen time dibanding Akame, ya meskipun di akhir Akame memang layak menjadi MC. Begitu juga dengan FMAB, namun di sini writer tidak seperti sebelumnya, writer langsung yakin Edward adalah MC namun, writer tidak bisa menemukan alasan kenapa dia dikatakan MC, justru menurut writer yang layak menjadi MC adalah Roy Mustang. MC yang powerless apalagi di anime action menurut writer terkesan aneh. LOL writer jadi nge-review. Yang menjadi intinya adalah Akame ga Kill dan FMAB mirip dari segi "keanehan" karakter utamanya.

4) Nanatsu no Taizai


   Selanjutnya ada Nanatsu no Taizai atau The Deadly Seven Sins. Lagi-lagi tema dari FMAB dan Nanatsu no Taizai memiliki kesamaan, ya, pemberontakan. Kali ini pemberontakan dipimpin oleh orang dalam pemerintahannya sendiri Elizabeth yang dibantu oleh Nanatsu no Taizai itu sendiri, sama seperti yang ada pada FMAB, didalangi oleh orang dalam itu sendiri dan dibantu teman-temannya.
   Dari segi main characternya, memang mereka memiliki kesamaan. Sama-sama pendek, berambut kuning, namun dari segi kekuatan sangat sangat berbeda jauh. Untuk ke-overpower-an main characternya, sangat berbeda, tapi dari segi karakter fisik dan ke-shounen-an sangat mirip.
   Lagi yang membuat mirip adalah unsur Sins(Dosa) itu sendiri. Baik di FMAB maupun di Nanatsu no Taizai sama-sama menampilkan unsur dosa manusia. Jika Sins pada Nanatsu no Taizai itu menyangkut dengan kesalahan yang pernah dilakukan anggota Nanatsu no Taizai yang merupakan protagonist cerita, namun di FMAB sedikit berbeda karena Sins dimiliki oleh tokoh-tokoh antagonist(Baca:Homunculus) dan tidak memiliki sangkut paut dengan masa lalu dengan kesalahan mereka. Tetapi, dosa yang mereka miliki tetap digambarkan persis dengan fisik dan karakteristik mereka.

5) Shingeki no Kyojin


   Yang terakhir pada list kali ini ada Shingeki no Kyojin A.K.A Attack on Titan. Banyak aspek yang mirip pada kedua anime ini, untuk itu writer akan me-list beberapa kesamaannya.
1) Karakter utama SNK dan FMAB sama-sama kehilangan ibunya, dan faktor itu menjadi pemicu ambisi mereka terhadap sesuatu. Eren dendam kepada Kyojin, dan Edward dengan petualangannya untuk mencari kebenaran tentang ilmu alkemis.
2) Sama-sama berbau militer, bahkan MC pada kedua anime masuk ke dalam anggota kemiliteran masing-masing.
3) Ayah kedua MC pada masing-masing anime sama-sama menghilang dan memegang kunci atau peran penting dalam misteri masing-masing anime.
4) MC pada SNK dan FMAB sama-sama memiliki trio yang cukup terkenal yang terdiri dari teman masa kecil dan saudara mereka sendiri. FMAB dengan Edward-Alphonse-Winry, SNK dengan Eren-Mikasa-Armin.
5) Sama-sama mengambil latar negara barat.
6) Kesan dark pada kedua anime sangat terasa.
7) Kedua anime ternasuk ke dalam kelompok anime shounen dengan populeritas tinggi dan rating tinggi di berbagai situs anime termasuk MAL.

   Nah, mungkin masih banyak anime yang mirip dengan FMAB, seperti Ao no Exorcist, Naruto, dll, namun berhubung hanya 5 saja yang writer bahas, maka writer mengambil yang bener-bener mirip. Yosh, berhubung karena sudah selesai kita bahas, writer mohon maaf bila ada perbedaan pendapat atau mungkin anime kesayangan kalian tidak masuk ke dalam list. Silahkan pantengin buat post terbaru lainnya :) :) :)

ありがとうございました

Comments

Popular Posts

Top 10 Loveable Female Characters (Waifu)

Anime memang identik dengan kata waifu apalagi di kalangan anime otaku. Bahkan ada sebagaian otaku yang mengaku tidak perlu menjalin hubungan real life karena terobsesi dengan waifunya tersebut, atau biasa disebut Nijikon. Nah, kali ini writer akan me-list beberapa karakter wanita papan atas atau waifu yang menurut writer layak menyandang status waifu. Check this out. 10) Nako Oshimizu ( Hanasaku Iroha )    Di urutan ke-10 ada Nako Oshimizu dari Hanasaku Iroha. Kaget dia masuk ke top 10 kali ini? Atau pada gak kenal siapa dia? Wajar, karena anime ini tidak terlalu dikenal oleh banyak orang, namun bukan berarti buruk dan membosankan, justru sangat-sangat recommended untuk ditonton oleh kalian yang belum pernah menontonnya.    Balik ke topik. Nako Oshimizu termasuk karakter yang waifu-able menurut writer, kenapa? Sedikit saya jelaskan karakteristik Nako Oshimizu. Nako Oshimizu merupakan pelajar SMA yang bekerja di penginapan yang sama dengan Matsumae Ohana. Dia bekerja seba

Blend S Review - Cafe 5 karakter | Anime Review

  Ini dia anime dengan opening paling viral di tahun 2017. Bukan hanya opening saja yang menarik sih, tapi masih ada yang lain. Langsung saja kita bahas di review kali ini. Seputar Blend S 1. Genre     Slice of life, Comedy 2. Season     Fall 2017 3. Episode     12 Episode 4. Studio     A-1 Pictures 5. Adaptasi     Manga 6. Music     Opening : Bon Appetit S by Blend A     Ending :  Detarame na Minus to Plus ni Okeru Blend Ko by Blend A 7. Judul Alternatif     English : Blend S     Japanese :  ブレンド・S Apa yang diceritakan dalam Blend S? Member Cafe Stile.     Seorang pelajar smp bernama Sakuranomiya Maika sedang mencari pekerjaan sampingan(part time), tapi tak kunjung diterima karena karakter yang dimilikinya. Akan tetapi, manager Cafe Stile, Dino, memiliki ketertarikan dengan karakternya dan meminta dia untuk bergabung dengan cafenya. Alhasil, Maika diberi peran sadistic . Begitu juga dengan member lain yang nantinya akan bergabung, masing-m