Skip to main content

Top 10 Anime of 2017

  Oot (Out of topic) pertama, berhubung karena untuk ngereview satu anime itu makan banyak waktu ya untuk mengisi kekosongan postingan, writer membuat list anime terbaik di tahun 2017. Di dalam list ini writer hanya mengambil anime-anime seri original yang tayang dari Winter 2017 - Winter 2018, airing dari awal 2017 sampai akhir 2017/pertengahan winter 2018 dan bukan merupakan sequel atau prequel. Makanya, bisa jadi kalian tidak melihat anime yang hype pada musimnya kemarin. Sung langsung ke list.

        Ini dia Top 10 Anime of 2017 versi Blog Anime Review & Reccomendation


10) Net-juu no Susume

MAL score : 7.91
Genre : Comedy, Game, Romance
Season : Fall 2017
Episode : 10 Episodes
   Nah, untuk urutan ke-10 ada Net-juu no Susume. Meskipun inti dari cerita ini terkesan mainstream, tapi sangat menyenangkan buat ditonton. Romance dibalut dengan comedy yang cukup, serta nuansa romance di dalam anime ini benar-benar bisa dirasakan. Terlebih, romance di dalam Net-juu no Susume ini terkesan unik, pasalnya menggunakan game sebagai perantaranya dengan cara yang berbeda dari biasanya. Lebih singkatnya, Hode x Hode. Writer sudah mereview anime ini, 
monggo di cek bila memerlukan review lebih lanjut lagi.

9) Inuyashiki

MAL score : 7.96
Genre : Action, Drama, Psychological, Sci-fi, Seinen
Season : Fall 2017
Episode : 11 Episodes
  Urutan ke-9 ada Inuyashiki dari Fall 2017. Soal action dan plotnya gak usah diragukan lagi. Setiap episodenya dipenuhi dengan ketegangan dan aksi tentunya. Selain itu, MC dari Inuyashiki ini sendiri adalah pria tua, yang jarang kita lihat dalam anime action lainnya. Villainnya bahkan lebih epic dan unik dari MCnya, ya meskipun kekuatannya sama persis tapi tetap umur berpengaruh di sini. Keduanya sama sama overpower, militer dunia pun tak sanggup menghentikan mereka berdua, 
ya serasa main GTA terus dikasih cheat kebal, LOL.
Menarik kan?

8) Youkoso Jitsuryoku Shijou Shugi no Kyoushitsu e

MAL score: 7.92
Genre : Drama, Psychological, School, Slice of Life
Season : Summer 2017
Episode : 12 Episodes
\  Next ada anime dari musim Summer 2017 yang terbilang cukup hits di musimnya, Welcome to Classroom of the Elite. Bertemakan kelas buangan di sekolah mengingatkan writer kepada Assasination Classroom. Ya, meskipun plot yang berbeda tetapi tetap masing-masing memiliki karakter yang beragam di kelasnya. Selain itu, konflik antar kelas yang melibatkan perang psikologi membuat anime ini menjadi lebih epic, meskipun tidak ada unsur action di dalamnya. Tak lupa dengan MC yang sangat menarik. Ekspresi datar, banyak akal, juga masa lalu yang belum diketahui orang lain menambah kesan positif untuk anime ini. Hanya saja, anime ini berjumlah 12 episode, jadi permasalahan utama di anime ini belum tuntas dan juga banyak karakter yang belum mendapat screen time yang cukup. Andai saja mendapat 24 episode, mungkin akan berbeda.

FYI : Welcome to the Classroom of The Elite mendapatkan season ke-2 dan akan tayang 2018 ini.

7) Little Witch Academia

MAL score : 8.15
Genre : Adventure, Comedy, Magic, Fantasy, School
Season : Winter 2017
Episode : 25 Episodes
  Anime magic dengan karakter yang kawai-kawai mengisi peringkat ke-7 di Top-10 anime 2017. Bercerita tentang Akko, seorang perempuan remaja, yang sangat tergila-gila dengan sihir dan memutuskan untuk belajar sihir  di sekolah sihir ternama tanpa memiliki garis keturunan penyihir di dalam dirinya.
  Sepintas cerita dan karakternya mengingatkan writer pada Naruto. Sikap MC nya, kepribadian rivalnya, sampai supporting karakternya juga. Tak cuman itu, anime ini juga cocok untuk ditonton siapa saja terlebih bagi yang senang menonton anime saat waktu luang.

6) Kobayashi-san Chi no Maid Dragon

MAL score : 8.20
Genre : Slice of Life, Comedy, Fantasy
Season : Winter 2017
Episode : 13 Episodes
  Di urutan ke-7 ada anime dari Winter 2017 dengan naga loli nya yang sempat viral di musimnya, Kobayashi-san Chi no Maid Dragon. Bercerita tentang serba-serbi kehidupan seekor naga yang berubah menjadi maid untuk seorang programmer yang disukainya, diikuti dengan teman-teman sepermainnya yang ikut berubah menjadi manusia.
  Kocak. Tentu saja, siapa yang tidak bisa menahan tawa ketika menonton anime ini, ditambah lagi kehadiran naga yang imut yang menambah kesan asik anime ini. 

5) Tsuki ga Kirei

MAL score : 8.36
Genre : Romance, School
Season : Spring 2017
Episode : 12 Episodes
  Nah ini ini salah satu favorit writer di tahun 2017 dan salah satu anime underrated di tahun yang sama, Tsuki ga Kirei. Mengambil setting sekolah dengan cinta masa muda yang mampu membuat penontonnya merasakan indahnya masa muda itu sendiri. Jujur, writer bahkan gak ada niat buat nonton ini, cuman trailernya yang mancing writer buat nonton.
  Romancenya itu sangat terasa dan sangat real. Kisah cinta yang seperti ini bisa saja kalian temukan dalam kehidupan sehari-hari, atau bahkan mungkin sudah awam. Tapi tetap saja bisa membuat penontonnya tersentuh dan merasakan masa-masa muda itu sendiri, seperti yang writer bilang sebelumnya. Ditambah lagi endingnya yang mengesankan membuat anime ini tambah menarik.

4) Houseki no Kuni

MAL score : 8.51
Genre : Action, Fantasy, Seinen
Season : Fall 2017
Episode : 12 Episodes
  Untuk urutan ke-5 ada Houseki no Kuni dari Fall 2017. Anime dengan animasi CGI yang tidakdisangka-sangka akan mendapat rating yang cukup bagus bahkan melebihi beberapa anime yang hype pada musimnya. Untuk cerita sendiri, Houseki no Kuni mengambil latar pada masa depan, dimana terdapat suatu organisme atau makhluk hidup baru yang tersusun dari Gems. Mereka berperang melawan bangsa Lunarian yang menginginkan tubuh mereka untuk kepentingan mereka.


3) Mahoutsukai no Yome

MAL score : 8.54
Genre : Fantasy, Magic, Shounen, Slice of Life

Season : Fall 2017
Episode :25 Episodes
  Urutan ke-3 ada Mahoustukai no Yome. Tak disangka-sangka bahwa anime ini mampu memiliki rating yang tinggi, sama seperti Houseki no Kuni. Bercerita tentang kehidupan seorang wanita yang dijual kepada seorang pria bertopeng dan dijadikan sebagai pengantinnya.
  Meskipun anime ini memiliki jalan cerita yang terkadang cukup membingungkan, namun tetap ada suatu kesan yang tak bisa dituliskan yang membuat anime ini tetap ditunggu penikmatnya. Bahkan, writer hendak nge-drop anime ini namun ada saja hal yang menarik writer kembali menonton anime ini.
Bagi beberapa orang yang belum begitu awam dengan anime terkhusus slice of life, mungkin akan mengira anime ini membosankan, padahal tidak.

2) Made In Abyss

MAL score : 8.91
Genre : Sci-fi, Adventure, Mystery, Drama, Fantasy
Season : Summer 2017
Episode : 13 Episodes
  Runner Up untuk tahun 2017 adalah Made in Abyss. Sebenarnya writer bingung menentukan urutan pertama dan ke-2, karena sama-sama masterpiece dan mengagumkan. Akhirnya writer memutuskan dengan melihat jumlah episode dan ratingnya di MAL, ya walaupun beda-beda tipis sih.
  Mengapa anime ini bisa sampai di posisi ke-2? Biar kalian bisa memutuskan ini layak jadi best 2, mangga ditonton (hehe). Mungkin sekilas dari gambar bahkan trailer yang kalian lihat, anime ini merupakan anime untuk anak-anak, padahal tidak. Ada sisi dark dari anime ini yang bahkan memicu emotional side pada seri ini.
  Tak usah panjang, panjang intinya anime ini salah satu anime paling menarik yang pernah writer tonton. Penasaran gimana sensasinya? Kuy langsung tonton.

1) Sangatsu no Lion

MAL score : 8.39 & 8.88
Genre : Drama, Game, Seinen, Slice of Life
Season : Fall 2016 - Fall 2017
Episode : 44 Episodes
  Dan, anime terbaik di tahun 2017 versi blog Anime Review & Reccomendation adalah Sangatsu no Lion, A.K.A March Comes in Like a Lion. Sangat berat rasanya menentukan posisi 1 dan 2 untuk Made in Abys dan Sangatsu no Lion, karena keduanya sangat epic dibidangnya masing-masing. Tapi berhubung Sangatsu no Lion memiliki 2 season yang sama-sama diputar selama 2017, dan menjaga konsistensinya, maka layak diberikan apresiasi.
  Sangatsu no Lion bercerita tentang kehidupan Kiriyama Rei, pria yatim piatu, yang besar dan hidup di dalam dunia Shogi. Dia bertemu dengan 3 orang perempuan yang memberikan warna bagi hidupnya, meskipun masalah mulai bermunculan seiring waktu.
  Berbicara dari segi Shogi, anime ini mungkin sangat ahli dan mendetail dalam membahasnya tampak dari season pertamanya. Tak hanya shogi saja, segi slice of life dalam anime ini juga tak kalah hebat. Kejadian yang sangat awam kita temui, bahkan diri kita sendiri pernah merasakannya, dapat kita lihat dalam anime ini. Pahit, sedih, lucu, heartwarming dicampur aduk dengan pas dalam satu anime Sangatsu no Lion.
  Di saat season 1 nya lebih dominan membahas Shogi di dalamnya, season 2 lebih menyoroti konflik kehidupan diantara tokoh-tokohnya tanpa mengesampingkan segi shoginya. Tak heran bila anime ini sangat menarik di tiap seasonnya dan menjaga konsistensi ratingnya. Brilliant series, to be honest.

Honorable Mentions

Youjou Senki
Ballroom e Youkoso




















Fate/Apocrypha
Tsurezure Children




















Demi-chan wa Kataritai
Shoujo Shuumatsu Ryokou





















  Itu tadi Top 10 Anime in 2017 versi blog Anime Review & Reccomendation. Seperti yang writer sampaikan sebelumnya, list ini hanya berisi seri original dan bukan merupakan sequel, jadi anime seperti BNHA Season 2, SNK season 2, dkk tidak masuk ke dalam list ini. Jika ada yang memiliki pendapat yang berbeda, langsung saja di share di comment section, karena setiap orang memiliki pendapat yang berbeda dan berbeda pendapat itu asik. Ini akhir dari postingan ini, sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Thank you!!

Comments

Popular Posts

5 Anime yang Mirip dengan Full Metal Alchemist Brotherhood | Reccomendation

   Ada yang belum kenal dengan Full Metal Alchemist Brotherhood, A.K.A FMAB? Ya kali gak kenal dengan anime yang terbilang sangat hype hingga saat ini. Ternyata FMAB memiliki kesamaan dengan anime lain, mulai dari pribadi karaker utamanya, konfliknya, sampai pemeran pembantunya. Penasaran? Langsung kita masuk ke pembahasan. 1) Hunter x Hunter    Yang pertama, Hunter x Hunter. Dari segi genre, tentunya Hunter x Hunter tidak berbeda jauh dari FMAB. Hunter x Hunter merupakan salah satu anime shounen paling terkenal setelah One Piece dan Naruto. Tak berbeda dengan FMAB yang merupakan anime shounen yang populer di kalangan otaku tetapi tidak sepopuler One Piece dan Naruto di kalangan awam. Terlepas dari genre shounen, FMAB dan Hunter x Hunter sama sama menceritakan petualangan sang MC dan teman-temannya. Hunter x Hunter dengan Gon dkk yang berpetualang demi menjadi Hunter, dan FMAB dengan Edward dkk yang berpetualang untuk mencari kebenaran batu bertuah.    Terlepas dari a

Top 10 Loveable Female Characters (Waifu)

Anime memang identik dengan kata waifu apalagi di kalangan anime otaku. Bahkan ada sebagaian otaku yang mengaku tidak perlu menjalin hubungan real life karena terobsesi dengan waifunya tersebut, atau biasa disebut Nijikon. Nah, kali ini writer akan me-list beberapa karakter wanita papan atas atau waifu yang menurut writer layak menyandang status waifu. Check this out. 10) Nako Oshimizu ( Hanasaku Iroha )    Di urutan ke-10 ada Nako Oshimizu dari Hanasaku Iroha. Kaget dia masuk ke top 10 kali ini? Atau pada gak kenal siapa dia? Wajar, karena anime ini tidak terlalu dikenal oleh banyak orang, namun bukan berarti buruk dan membosankan, justru sangat-sangat recommended untuk ditonton oleh kalian yang belum pernah menontonnya.    Balik ke topik. Nako Oshimizu termasuk karakter yang waifu-able menurut writer, kenapa? Sedikit saya jelaskan karakteristik Nako Oshimizu. Nako Oshimizu merupakan pelajar SMA yang bekerja di penginapan yang sama dengan Matsumae Ohana. Dia bekerja seba

Blend S Review - Cafe 5 karakter | Anime Review

  Ini dia anime dengan opening paling viral di tahun 2017. Bukan hanya opening saja yang menarik sih, tapi masih ada yang lain. Langsung saja kita bahas di review kali ini. Seputar Blend S 1. Genre     Slice of life, Comedy 2. Season     Fall 2017 3. Episode     12 Episode 4. Studio     A-1 Pictures 5. Adaptasi     Manga 6. Music     Opening : Bon Appetit S by Blend A     Ending :  Detarame na Minus to Plus ni Okeru Blend Ko by Blend A 7. Judul Alternatif     English : Blend S     Japanese :  ブレンド・S Apa yang diceritakan dalam Blend S? Member Cafe Stile.     Seorang pelajar smp bernama Sakuranomiya Maika sedang mencari pekerjaan sampingan(part time), tapi tak kunjung diterima karena karakter yang dimilikinya. Akan tetapi, manager Cafe Stile, Dino, memiliki ketertarikan dengan karakternya dan meminta dia untuk bergabung dengan cafenya. Alhasil, Maika diberi peran sadistic . Begitu juga dengan member lain yang nantinya akan bergabung, masing-m