Skip to main content

Top 10 Drama-Romance Anime | Top 10


Yosh, setelah di postingan sebelumnya kita me-review Full Metal Alchemist Brotherhood, blog ini kembali dengan Top 10 yang baru, yang biasanya ditonton para wanita karena storylinenya atau mungkin karakter ikemennya, yaitu Drama-Romance. Wew, mungkin kalian sudah bisa menebak-nebak anime apa saja yang mungkin masuk ke dalam list ini. Langsung saja kita masuk ke dalam top 10 list kali ini.

10) Byousoku 5 centimeter


   Untuk peringkat 10, ada Byousoku 5 Centimeter A.K.A 5 centimeter/second. Bercerita tentang Taki yang jatuh hati dengan teman sepermainnya di kala SD, Akari, yang kemudian dihadapkan kepada Long Distance Relationship. 5 cm/s sendiri dibagi menjadi 3 part, dimana masing-masing menceritakan kehidupan asmara Taki.
   Sangat menyentuh, itu yang dapat writer katakan dalam anime ini. Entah mengapa, rasanya romance dalam ini sering terlihat di dalam kehidupan nyata, bahkan kisah cinta writer sendiri(lupakan). Musik yang pas, bahkan sangat melegenda, yang mengiringi anime ini hingga mampu membuat penontonnya meneteskan air mata.

Story: 7 , Art: 10 , Sound: 10 , Character: 7 , Enjoyment: 9 , Overall: 8.6

9) Planetes


   Nah, peringkat 9 kali ini mungkin kurang awam bagi sebagian orang, ya, Planetes. Mengambil setting kehidupan masa depan dimana manusia sudah bebas mengunjungi luar angkasa. Ai Tanabe, seorang wanita yang tertarik dengan kehidupan luar angkasa, melamar ke Technora Coorporation dan ditempatkan di bagian Debris (Sampah). Di sana ia bertemu dengan Hachimaki, pemuda yang berimpian menjadi astronot. Manis dan pahitnya kisah mereka dimulai saat mereka bertemu.
   Planetes merupakan salah satu anime yang perlu mendapatkan perhatian lebih, mengapa? Ya karena anime ini memang pantas mendapatkannya. Cerita dan konflik yang menarik, drama dan romance nya yang menimbulkan bermacam rasa di hati penontonnya, terlebih lagi hero dan heroinenya tidak terlihat mencolok seperti anime drama dan romance biasanya. Underrated one.

Story: 9 , Art: 8 , Sound: 8 , Character: 8 , Enjoyment: 10 , Overall: 8.6

8) Chihayafuru


   Penuh puisi, sastra klasik, dan juga kartu. Yap, Chihayafuru. Chihayafuru bercerita tentang seorang wanita berparas cantik, Chihaya Ayase, yang memiliki passion tinggi di bidang karuta. Kecintaannya terhadap karuta dimulai saat pertandingan pertmanya melawan Wataya Arata, teman sepermainnya. Tak mau kalah dari Chihaya dan Arata, Taichi Mashima yang juga teman sekelas mereka, menantang Arata, tanpa disadari kedekatan di antara mereka mulai bertumbuh, hingga ada cinta segitiga diantara mereka ber-3.
   Tak cuman Karuta yang ditampilkan di sini, melainkan drama ditambah sentuhan romance. Game dibalut dengan romance? Apa jadinya? Jadinya ya Chihayafuru. Tak usah khawatir bila tidak mengerti cara permainan karuta, karena pada dasarnya anime ini lebih condong ke drama dan romancenya. Reccomended untuk kalian yang senang dengan permainan kartu dan sastra Jepang.

Story: 8 , Art: 10 , Sound: 8 , Character: 9 , Enjoyment: 9 , Overall: 8.8

7) Kotonoha no Niwa


   Sama seperti 5 cm/s, Kotonoha no Niwa juga merupakan karya dari Makoto Shinkai, maka tak heran bila anime ini masuk dalam jajaran drama romance terbaik. Mengambil latar percintaan masa SMA, dimana Takao Akizuki yang mencintai seorang wanita yang tak lain dan tak bukan ialah orang yang selalu berada di dekatnya di dalam sekolah, Yukino. Kehidupan cinta mereka dirangkum dalam 46 menit.
   Makoto Shinkai terkenal akan gantung-ending, atau mungkin sad-ending. Jadi kalian bisa menebak, anime ini tergolong bagian yang mana. Tak cuman itu yang melegenda dari sosok Makoto Shinkai, hampir semua, bahkan semua anime yang dibuatnya memiliki visual yang sangat bagus, dan memanjakan mata, termasuk Kotonoha no Niwa, bila disandingkan dengan 5cm/s dari segi visual, meskipun keduanya sama-sama memanjakan mata, namun Kotonoha no Niwa berada di level yang lebih atas. Romance menyentuh hati ala Makoto Shinkai ditambah visual dan animasi yang memanjakan mata membuat anime ini jangan sampai kalian lewatkan.

Story: 8 , Art: 10 , Sound: 10 , Character: 8 , Enjoyment: 9 , Overall: 9

6) Nagi no Asukara


   Mengangkat tema fiksi tentang kehidupan manusia laut dan darat, Nagi no Asukara mampu menyuguhkan drama dan romansa yang mampu memikat penontonnya. Bila kehidupan laut dan daratan identik dengan putri duyung, maka kali ini kalian akan disuguhkan dengan hal yang baru.
   Diceritakan manusia dulunya hidup di bawah laut, namun sebagian melepaskan "Ena"(kemampuan untuk bernafas di dalam air) mereka secara permanen  untuk hidup di darat. Waktu berjalan, keretakan hubungan serta permasalahan manusiawi antara manusia laut dan darat mulai terlihat. Hal tersebut yang dialami oleh 4 sekawan manusia laut, Chisaki, Kaname, Hikari, Manaka, yang melanjutkan pendidikan mereka ke sekolah di darat. Diskriminasi, drama hidup, kisah cinta 2 "dunia", menjadi isu yang harus mereka hadapi di daratan.

Story: 9 , Art: 10 , Sound: 8 , Character: 9 , Enjoyment: 9 , Overall: 9

5) Sakamichi no Apollon


   Nishimi Kaoru, pianis dengan kepribadian introvert, memulai masa SMA nya di Kyushu, kota ke-sekian yang telah dia tinggali. Berpikiran dia akan menghabiskan waktunya di Kyushu sama seperti di kota-kota sebelumnya, akan tetapi perjumpaannya dengan Kawabuchi Sentarou, berandalan asal sekolahnya, mengubah kisah hidupnya, dan juga Mukae Ritsuko, teman masa kecil Kawabuchi Sentarou.
   Cinta atau sahabat? Mungkin pertanyaan tersebut sangat tepat menggambarkan seluruh cerita Sakamichi no Apollon. Meskipun plot seperti ini terkesan mainstream, namun Sakamichi no Apollong mampu memberikan kesan heartwarming bagi penggemarnya. Selain dari kisah cinta yang menjadi suguhan utama dari anime ini, tema musik yang ditampilkan anime ini juga cocok diberi nilai plus. Mengapa? Dari sekian banyak anime musik, musik jazz mungkin salah satu musik yang jarang dibawakan, apalagi menjadi musik utama dalam cerita. Musik jazz dalam anime ini juga membuat kesan 60-an dalam anime ini terasa lebih hidup.
   
Story: 10 , Art: 8 , Sound: 10 , Character: 8 , Enjoyment: 9 , Overall: 9

4) Kimi no Na wa


   Miyamizu Mitsuha, gadis kuil desa yang berangan-angan tinggal di Tokyo, tiba-tiba menemukan dirinya saling bertukar kepribadian dengan Tachibana Taki, siswa SMA di kota Tokyo. Mengetahaui kejadian aneh ini, Tachibana Taki dan Miyamizu Mitsuha saling mencari keberadaan satu sama lain, yang kemudian mengantarkan mereka kepada kejadian yang tak pernah mereka duga sebelumnya.
   Predikat anime dengan rating tertinggi ke-2 versi MyAnimeList, bahkan terbaik di tahun penanyangannya, tampaknya bukan sekedar predikat. Kimi no Na wa, dengan ciri khas Makoto Shinkai, dan konsep time travelnya serta pertukaran kepribadiannya mampu memberikan kesan "baper" pada penggemarnya, meskipun harus lebih memutar otak untuk memahami kisah ceritanya.
Ps: Lagi lagi Shinkai sensei menggunakan nama Taki di dalam anime nya, setelah sebelumnya menggunakannya di anime 5cm/s, dan tampangnya juga keliatan mirip.

Story: 8 , Art: 10 , Sound: 10 , Character: 9 , Enjoyment: 9 , Overall: 9.2

3) Cross Game


   Sport dibalut dengan drama-romance? Menarik atau tidak? Aneh atau tidak? Jawabannya ada di Cross Game. Anime underrated yang memiliki rating yang cukup tinggi versi MyAnimeList ini patut masuk ke dalam list kalian. Bila kebanyakan anime sport romance biasanya menampilkan sport lebih dominan atau romance lebih dominan, maka Cross Game sedikit berbeda. Bisa dikatakan 50% sport 50% romance, atau mungkin 100% sport romance. Cross Game ditiap episodenya, mampu menggabungkan sport dan romance sekaligus sebagai satu kesatuan, jadi terasa berbeda seperti anime sport-romance lainnya seperti Major, Baby Steps, dll. Terlebih pada episode pertamanya, yang mampu memberikan kesan ekstra pada anime ini.
   Sedikit sinopsis untuk Cross Game. Anime ini mengangkat cerita tentang persahabatan serta percintaan antar teman masa kecil yakni Kitamura Kou dan Tsukishima bersaudara, Aoba dan Wakaba. Aoba terkenal sebagai wanita tomboy dengan kemampuannya sebagai pitcher dari sejak kecil. Berbanding terbalik dengan kakaknya, feminim dan lebih dekat dengan Kou dibanding Aoba. Kou sendiri merupakan anak laki-laki biasa, yang tidak maniak baseball hingga Wakaba memberikan tantangan untuk mengalahkan kemampuan Aoba.
FYI: Layaknya anime baseball seperti biasanya, Kou juga memiliki kemampuan khusus.

Story: 10 , Art: 8 , Sound: 10 , Character: 9 , Enjoyment: 10 , Overall: 9.4

2) Shigatsu wa Kimi no Uso


   Bagi kalian pecinta melodrama, Shigatsu wa Kimi no Uso atau dikenal dengan nama lain Your Lie in April cocok masuk ke dalam watching list kalian. Cerita yang disuguhkan cukup menyisakan sayatan di hati penggemarnya, ditambah dengan musik yang mengiringi anime ini mulai dari Orange - 7!!, Hikaru Nara -  Goose House, bahkan musik yang dibawakan di dalam anime sendiri ini mampu memberikan kesan melo yang lebih. Terlebih lagi, ending yang tak terbantahkan lagi menyayatnya, semua cerita tersusun dengan rapi, tidak terlalu cepat ataupun lambat. Mungkin sedikit sulit untuk menyisipkan sinposis di sini, karena dari sinopsis saja bisa jadi ending dari anime ini tergambarkan secara tidak langsung, tetapi sedikit mengingatkan bahwa Your Lie in April berfokus pada drama-romance, bukan sepenuhnya tentang musik, berbeda dengan Nodame Cantabille.

Story: 10 , Art: 9 , Sound: 10 , Character: 9 , Enjoyment: 9 , Overall: 9.4

1) Clannad


   Anime sekolahan dengan animasi khas awal 2000an menjadi rekomendasi terakhir buat kalian, Clannad. Clannad sendiri terdiri dari 2 season, dengan season ke-2 nya ialah Clannad:After Story. Bila disimak dari cerita yang disuguhkan di kedua season, maka tak heran lagi anime ini cocok bagi kalian pecinta drama-romance. Cerita dari Clannad terpusat pada keseharian Okazaki Tomoya, dan Furukawa Nagisa. Mulai dari kehidupan sekolah mereka, persahabatan, hingga percintaan, kurang lebih yang menjadi pusat utama ialah mereka berdua, terlebih lagi pada sequel After Story nya.
   Tak cuman romance dan drama yang menjadi suguhan menarik dari anime ini, unsur Slice of Life dan sedikit supernatural juga menambah kesan positif untuk Clannad series ini. Bila kalian pernah menonton Little Buster sebelumnya, maka kurang lebih Clannad memiliki aura dan kesan yang sama, akan tetapi lebih menonjol kepada bagian romance nya. Ditambah lagi, pada sequel After Storynya, mungkin sebagian dari kalian akan merasakan sedikit "baper", karena After Story nya sendiri lebih mengarah ke melodrama.

Story: 10 , Art: 10 , Sound: 8 , Character: 10 , Enjoyment: 10 , Overall: 9.6

Sekian dari top 10 Drama-Romance versi writer kali ini. Ingat, ini merupakan versi writer, jadi wajar bila ada perbedaan pendapat. Silahkan share di komentar bila kalian memiliki ide atau pendapat yang lain, akan dinotice. See you.

Comments

Popular Posts

5 Anime yang Mirip dengan Full Metal Alchemist Brotherhood | Reccomendation

   Ada yang belum kenal dengan Full Metal Alchemist Brotherhood, A.K.A FMAB? Ya kali gak kenal dengan anime yang terbilang sangat hype hingga saat ini. Ternyata FMAB memiliki kesamaan dengan anime lain, mulai dari pribadi karaker utamanya, konfliknya, sampai pemeran pembantunya. Penasaran? Langsung kita masuk ke pembahasan. 1) Hunter x Hunter    Yang pertama, Hunter x Hunter. Dari segi genre, tentunya Hunter x Hunter tidak berbeda jauh dari FMAB. Hunter x Hunter merupakan salah satu anime shounen paling terkenal setelah One Piece dan Naruto. Tak berbeda dengan FMAB yang merupakan anime shounen yang populer di kalangan otaku tetapi tidak sepopuler One Piece dan Naruto di kalangan awam. Terlepas dari genre shounen, FMAB dan Hunter x Hunter sama sama menceritakan petualangan sang MC dan teman-temannya. Hunter x Hunter dengan Gon dkk yang berpetualang demi menjadi Hunter, dan FMAB dengan Edward dkk yang berpetualang untuk mencari kebenaran batu bertuah.    Terlepas dari a

Top 10 Loveable Female Characters (Waifu)

Anime memang identik dengan kata waifu apalagi di kalangan anime otaku. Bahkan ada sebagaian otaku yang mengaku tidak perlu menjalin hubungan real life karena terobsesi dengan waifunya tersebut, atau biasa disebut Nijikon. Nah, kali ini writer akan me-list beberapa karakter wanita papan atas atau waifu yang menurut writer layak menyandang status waifu. Check this out. 10) Nako Oshimizu ( Hanasaku Iroha )    Di urutan ke-10 ada Nako Oshimizu dari Hanasaku Iroha. Kaget dia masuk ke top 10 kali ini? Atau pada gak kenal siapa dia? Wajar, karena anime ini tidak terlalu dikenal oleh banyak orang, namun bukan berarti buruk dan membosankan, justru sangat-sangat recommended untuk ditonton oleh kalian yang belum pernah menontonnya.    Balik ke topik. Nako Oshimizu termasuk karakter yang waifu-able menurut writer, kenapa? Sedikit saya jelaskan karakteristik Nako Oshimizu. Nako Oshimizu merupakan pelajar SMA yang bekerja di penginapan yang sama dengan Matsumae Ohana. Dia bekerja seba

Blend S Review - Cafe 5 karakter | Anime Review

  Ini dia anime dengan opening paling viral di tahun 2017. Bukan hanya opening saja yang menarik sih, tapi masih ada yang lain. Langsung saja kita bahas di review kali ini. Seputar Blend S 1. Genre     Slice of life, Comedy 2. Season     Fall 2017 3. Episode     12 Episode 4. Studio     A-1 Pictures 5. Adaptasi     Manga 6. Music     Opening : Bon Appetit S by Blend A     Ending :  Detarame na Minus to Plus ni Okeru Blend Ko by Blend A 7. Judul Alternatif     English : Blend S     Japanese :  ブレンド・S Apa yang diceritakan dalam Blend S? Member Cafe Stile.     Seorang pelajar smp bernama Sakuranomiya Maika sedang mencari pekerjaan sampingan(part time), tapi tak kunjung diterima karena karakter yang dimilikinya. Akan tetapi, manager Cafe Stile, Dino, memiliki ketertarikan dengan karakternya dan meminta dia untuk bergabung dengan cafenya. Alhasil, Maika diberi peran sadistic . Begitu juga dengan member lain yang nantinya akan bergabung, masing-m