Skip to main content

Tengen Toppa Gurren Lagann Review | Anime Review


   Setelah sekian lama tidak me-review anime, kali ini writer kembali dengan me-review salah satu anime dengan rating tertinggi di MyAnimeList, Tengen Toppa Gurren Lagann. Gurren Lagann itu ceritanya gimana? Menarik atau enggak? Simak dulu review kali ini.

Sinopsis


   Simon dan Kamina lahir dan hidup di bawah tanah, tempat dimana manusia merasa aman dari kejaran bahaya daratan. Tak senang dengan keadaan di bawah tanah, serta didorong keinginan untuk mengetahui dunia luar, Kamina menghasut Simon untuk meninggalkan desanya untuk pergi ke permukaan dan tinggal di sana.
   Takdir ataupun tidak, Yoko, wanita yang tinggal di permukaan, diserang oleh robot A.K.A "Gunmen"(penguasa daerah permukaan) hingga menghancurkan desa yang dihuni Kamina dan Simon. Tak tinggal diam, Kamina menantang sang Gunmen dengan menggunakan Gunmen bertenaga spiral yang ditemukan oleh mereka berdua. Tanpa disadari, sejak saat itu, petualangan mereka untuk menelusuri dunia atas telah dimulai.

Review


   Digarap oleh studio Gainax, studio yang pernah menggarap FLCL dan Evangelion, Tengen Toppa bisa menyaingi seniornya di dalam dunia mecha maupun di per-anime-an studio Gainax. Membawakan unsur mecha, yang cukup populer di kalangan otaku, Tengen Toppa berhasil memanjakan penggemarnya lewat konsep "From Zero to Hero". Tak cuman konsep tersebut yang menarik perhatian penggemar, Main Characternya juga turut mengambil keberhasilan dalam anime ini.
   Mungkin sebagian dari kalian sudah mengerti tentang konsep "From Zero to Hero", karena beberapa anime shounen populer juga kerap menggunakan konsep ini. Namun bagi anime mecha, mungkin hal-hal seperti ini sangat jarang. Bukan "From Zero to Hero" yang instan, tetapi bertahap dan pasti, mungkin bisa menggambarkan konsep "From Zero to Hero" dari Tengen Toppa Gurren Lagann.
   27 Epsiode, merupakan pilihan yang tepat untuk menyempurnakan keseluruhan cerita Tengen Toppa Gurren Lagann ini. Dalam 27 episode ini, pengembangan karakter dari sang MC, Simon, bisa dibilang ditata dengan sempurna, tanpa filler, tanpa penambahan kekuatan mendadak, tanpa basa basi, to the point. Bahkan ending dari anime ini mungkin masuk dalam kategori perfect ending, layaknya Fullmetal Alchemist Brotherhood.
   Beranjak dari character development, karakter dari anime ini juga cukup populer di kalangan otaku. Perwatakan dari Kamina mampu memikat perhatian penikmat anime ini, terlebih karena sifat Kamina yang rada-rada mengarah ke anime shounen pada umumnya, pantang menyerah, menghadapi tantangan, ya mekipun di animenya dia ***** (spoiler free). Dibanding dengan Simon, dengan karakter, bermental lemah, pengecut, pokoknya yang jelek lah, walaupun pada akhirnya sifat tersebut hilang karena dia adalah bintang dari anime "From Zero to Hero" ini. Sedikit informasi, berdasarkan data MyAnimeList, sebanyak 23.556 pengguna memfavortikan Kamina (Rank:21), unggul dari Simon (9728 pengguna, Rank:80).


   Ceritanya yang berpusat pada perkembangan bocah kecil yang menjadi penyelamat bumi menjadi daya tarik sendiri dari anime ini. Bila melihat kilas para senior-seniornya di hal ini, maka bisa dibilang Tengen Toppa Gurren Lagann ada di peringkat atas dari beberapa seniornya. Seperti yang writer katakan sebelumnya, character development dari anime ini sangat baik, tidak seperti para seniornya yang memakai cara yang terlalu lambat atau bahkan terlalu cepat, sehingga membuat animenya membosankan.
   Dilihat dari segi animasi, animasinya tidak seperti anime seperti biasanya, lebih kasar, tetapi mendukung ceritanya, tidak merusak citra animenya. Bila kalian pernah menonton Mekakucity Actors, C: Money of Soul and Possibilty Control, Tiger and Bunny, maka animasi dari Tengen Toppa Gurren Lagann tidak jauh berbeda, sama-sama unik, kebarat-baratan, tidak seperti biasanya. Jadi, tidak akan merusak kesan dari anime ini.
   Personally, writer merasa puas dengan anime ini, tampak dari poin-poin di atas, writer menjabarkan hal-hal positif karena writer tidak menemukan hal-hal kurang menarik dari anime ini. Bahkan anime ini bisa jadi salah satu anime yang bisa kalian marathon dalam 1 hari, karena alurnya yang sangat menarik. Bila melihat dari tanggapan beberapa orang, ada yang mengatakan gak menarik, animasinya jelek, tapi kembali ke kalimat yang di atas, writer tidak menemukan hal yang kurang menarik, terlepas dari animasinya yang unik, mungkin sebagian dari kalian akan mempertimbangkannya. Bahka untuk ost dan juga bgm nya sendiri, menurut writer sendiri, cukup menarik dan juga mendukung vibe anime ini sendiri, ada bgm yang melow, rising spirit juga. Setidaknya sinkron dengan cerita, dan juga mungkin good-to-listen.
   Intinya, anime sangat cocok untuk kalian pecinta anime "From Zero to Hero", go and watch it. Oh iya, mungkin anime ini tidak memiliki genre ecchi, namun pakaian dari main heroinenya cukup terbuka, so watch on your own risk.



Story: 10 , Art: 9 , Sound: 8 , Character: 10 , Enjoyment: 10 , Overall: 9.2

Comments

Popular Posts

5 Anime yang Mirip dengan Full Metal Alchemist Brotherhood | Reccomendation

   Ada yang belum kenal dengan Full Metal Alchemist Brotherhood, A.K.A FMAB? Ya kali gak kenal dengan anime yang terbilang sangat hype hingga saat ini. Ternyata FMAB memiliki kesamaan dengan anime lain, mulai dari pribadi karaker utamanya, konfliknya, sampai pemeran pembantunya. Penasaran? Langsung kita masuk ke pembahasan. 1) Hunter x Hunter    Yang pertama, Hunter x Hunter. Dari segi genre, tentunya Hunter x Hunter tidak berbeda jauh dari FMAB. Hunter x Hunter merupakan salah satu anime shounen paling terkenal setelah One Piece dan Naruto. Tak berbeda dengan FMAB yang merupakan anime shounen yang populer di kalangan otaku tetapi tidak sepopuler One Piece dan Naruto di kalangan awam. Terlepas dari genre shounen, FMAB dan Hunter x Hunter sama sama menceritakan petualangan sang MC dan teman-temannya. Hunter x Hunter dengan Gon dkk yang berpetualang demi menjadi Hunter, dan FMAB dengan Edward dkk yang berpetualang untuk mencari kebenaran batu bertuah.    Terlepas dari a

Top 10 Loveable Female Characters (Waifu)

Anime memang identik dengan kata waifu apalagi di kalangan anime otaku. Bahkan ada sebagaian otaku yang mengaku tidak perlu menjalin hubungan real life karena terobsesi dengan waifunya tersebut, atau biasa disebut Nijikon. Nah, kali ini writer akan me-list beberapa karakter wanita papan atas atau waifu yang menurut writer layak menyandang status waifu. Check this out. 10) Nako Oshimizu ( Hanasaku Iroha )    Di urutan ke-10 ada Nako Oshimizu dari Hanasaku Iroha. Kaget dia masuk ke top 10 kali ini? Atau pada gak kenal siapa dia? Wajar, karena anime ini tidak terlalu dikenal oleh banyak orang, namun bukan berarti buruk dan membosankan, justru sangat-sangat recommended untuk ditonton oleh kalian yang belum pernah menontonnya.    Balik ke topik. Nako Oshimizu termasuk karakter yang waifu-able menurut writer, kenapa? Sedikit saya jelaskan karakteristik Nako Oshimizu. Nako Oshimizu merupakan pelajar SMA yang bekerja di penginapan yang sama dengan Matsumae Ohana. Dia bekerja seba

Blend S Review - Cafe 5 karakter | Anime Review

  Ini dia anime dengan opening paling viral di tahun 2017. Bukan hanya opening saja yang menarik sih, tapi masih ada yang lain. Langsung saja kita bahas di review kali ini. Seputar Blend S 1. Genre     Slice of life, Comedy 2. Season     Fall 2017 3. Episode     12 Episode 4. Studio     A-1 Pictures 5. Adaptasi     Manga 6. Music     Opening : Bon Appetit S by Blend A     Ending :  Detarame na Minus to Plus ni Okeru Blend Ko by Blend A 7. Judul Alternatif     English : Blend S     Japanese :  ブレンド・S Apa yang diceritakan dalam Blend S? Member Cafe Stile.     Seorang pelajar smp bernama Sakuranomiya Maika sedang mencari pekerjaan sampingan(part time), tapi tak kunjung diterima karena karakter yang dimilikinya. Akan tetapi, manager Cafe Stile, Dino, memiliki ketertarikan dengan karakternya dan meminta dia untuk bergabung dengan cafenya. Alhasil, Maika diberi peran sadistic . Begitu juga dengan member lain yang nantinya akan bergabung, masing-m